Bencilah Maksiat Tapi Tidak Dengan Si Pelaku Maksiat

08:20:00

Dulu ada seorang ahli ibadah dari bani israil, dia telah beribadah kepada Allah ratusan tahun. Sehingga dengan ibadahnya yang begitu banyak Allah menganugerahkan kepadanya karamah, kemanapun si ahli ibadah ini berjalan awan selalu menaunginya.

Suatu hari si ahli ibadah ini berjalan berpapasan dengan si ahli maksiat. Dimana si ahli ibadah menuju ke Timur dan si ahli maksiat menuju ke barat di jalan yang sama. Ketika wajah si ahli ibadah dan si ahli maksiat hampir bertemu keduanya memalingkan wajah ke tempat lain. Si ahli ibadah memalingkan wajah karena menganggap hina si ahli maksiat sedangkan si ahli maksiat memalingkan wajah karena merasa dirinya begitu hina, malu dengan Allah bertemu dengan orang yang ahli ibadah.

Karena pandangan menghinakan kepada si pelaku maksiat oleh si ahli ibadah, awan yang tadi menaunginya pindah kepada si ahli maksiat.

Hikmah apa yang bisa kita dapatkan dari cerita ini?

Bencilah maksiat tapi jangan membenci si maksiat. Allah suka kepada hambanya yang berbuat dosa dan mau bertobat daripada seorang ahli ibadah tapi merasa dirinya tidak pernah berdosa.


*ikutip Dari Ceramah Habib Ali Al-Jufry

You Might Also Like

0 komentar