Pentingnya Salam

01:36:00



Salam merupakan suatu langkah untuk membina hubungan yang baik dengan sesama. Lafadz salam lengkapnya yaitu “Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh” yang memiliki arti dalam bahasa indonesia “Sejahtera di atas kamu dan dirahmati dan diberkahi Allah”. 

Salam memiliki makna yang  sangat mendalam, dengannya kita menyampaikan doa kebaikan dan harapan keselamatan kepada lawan bicara kita dan pada saat yang sama kita memberikan jaminan kepadanya bahwa ia tidak akan menjumpai bahaya dan kerugian dari sisi kita yang memberikan salam.

Berbicara tentang salam saya memiliki suatu kisah menarik yang saya alami. Setiap hari minggu biasanya saya mnghabiskan waktu luang dengan nongkrong di warkop, dengan bermodalkan sebuah laptop saya bisa menghabiskan waktu luang di warkop sampai 6 jam. Namun, ada kejadian menarik pada suatu minngu adalah 2 orang pengemis yang melakukan pekerjaannya di warkop tempat saya nongkrong itu.


 2 Pengemis itu mulai meminta-minta pada setiap orang yang ada di warkop. Anehnya, 2 pengemis itu berbeda dengan pengemis lainnya mereka meminta-minta  memulai dengan mengucapkan salam. “Assalamu’alaikum” kata 2 pengemis itu kepada saya, entah karena kebiasaan atau tidak kepedulian saya, seperti biasanyakalau ada pengemis yang meminta-minta saya katakan “maaf bu !!”. Dengan nada yang sedikit marah seorang pengemis itu dengan spontan mengatakan “ thu kan maaf lagi, saya thu memberi salam harusnya dijawab bukan maaf-maaf” Kemudian pengemis itu kembali melanjutkan pekerjaannya. Dalam hati saya mengatakan “ betul sekali yang dikatakan pengemis itu, seharusnya saya menjawab salamnya tak peduli siapapun dia”. Ketika 2 pengemis itu melanjutkan pekerjaannya terus saya perhatikan. Lucunya, ketika dia memberi salam kepada orang yang lain kemudian orang itu tidak menjawabnya tapi justru memberinya duit, pengemis itu nampak senang tidak mengatakan sepatah katapun langsung pergi.

Dari kisah yang saya alami tersebut kita dapat mengambil hikmah bahwa siapapun yang memberikan salam kepada kita, kita wajib menjawabnya. Kecuali orang-orang tertentu yang tidak wajib dijawab bahkan haram kalau dijawab. Seperti salam dari orang non Muslim, orang yang mengucapkan salam diawali dengan pekataan-perkataan yang lain, orang yang mengucapkan salam untuk olok-olok dan  salam imam setelah selesai shalat berjamaah.

Sesorang yang mengucapkan salam kepada saudaranya bererti dia mendoakan saudaranya supaya Allah menyelamatkannya daripada segala musibah seperti dijauhkan daripada penyakit berbahaya, kejahatan manusia, seksaan api neraka dan sebagainya.
Ucapan salam mencerminkan keharmonian hidup kaum Musilimin. Mereka saling mendoakan antara mereka sehingga Allah menerbitkan rasa cinta dan kasih sayang antara mereka.

Ucapan salam mengeratkan ukhuwah Islamiah yang sudah lama terputus. Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah SAW pernah bersabda yang bermaksud, “Tidaklah kamu masuk syurga sampai kamu beriman. Tidaklah kamu beriman sampai kamu saling mencintai. Mahukah kamu aku tunjukkan sesuatu. Apabila kamu melakukannya nescaya kamu saling mencintai. Sebarkanlah salam antara kamu.” (Hadis riwayat Muslim).

Mengenai hukum mengucapkan salam, hukumnya sunat sedangkan menjawabnya wajib kecuali untuk orang-orang yang saya sebutkan di atas. Pahalanya sangat besar orang yang mengucapkan salam daripada yang menjawabnya.


Author   : Muhammad Arif

You Might Also Like

2 komentar

  1. Nice post, and pengalaman yang menarik, cukup memotivasi untuk kita senantiasa menjawab salam.

    ReplyDelete
  2. iya kawan, pengalaman memenag guru yang paling baik.

    ReplyDelete