Kon agam Menyeu Gohlom Meurukok?

08:03:00

Saya dulu mulai mencoba rokok ketika usia kelas 5 sd. Penyebabnya saat itu karena pengaruh kawan dan juga rasa belum keren jika belum merokok. Apalagi banyak ejekan2 dari kawan dengan istilah " Kon agam menyeu goh lom meurukok ( bukan laki klau belum merokok)".

Istilah ini seperti senjata ampuh untuk mempengaruhi anak2 yang baru memasuki masa puber. Hampir semua anak2 yang terpengaruh oleh rokok yang saya lihat ketika memasuki masa puber. Masa puber masa seseorang mencari jati diri " wah..inilah aku, aku bukan anak kecil lagi, aku yang mengatur hidupku". Masa puber ini jika salah dalam pergaulan bisa sangat berbahaya.
Alhamdulillah ketika smp saya masuk pesantren dan tidak pernah tertarik lagi dengan yang namanya rokok. Pernah iseng coba ngerokok lagi tapi malah pusing usai merokok dan sampai sekarang tidak pernah nyentuh lagi dengan rokok.

Kalau ada istilah "kon agam menyeu goh lom meurukok", saya juga punya istilah, "Ureung jeut membaca hana meurukok (orang bisa membaca tidak merokok)"
Sorry smoker Description: https://www.facebook.com/images/emoji.php/v5/f4c/1/16/1f642.png:)


You Might Also Like

0 komentar