HIKMAH DARI SAKIT

02:15:00

Assalamu’alaikum wr wb

Salam sejahtera bagi kita semua, Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam. Shalawat beserta salam kepada baginda Rasulullah SAW
Di hari yang berbahagi a ini Allah masih memberikan kepada kita kehidupan,kesehatan dan juga dua nikmat yang paling berharga, yaitu nikmat islam dan nikmat iman
Di hari yang berbahagia ini Allah masih memberikan kita kesehatan dan juga kehidupan. Sementara ada diantara saudara kita yang sudah duluan meninggal dan ada juga diantara saudara kita yang sedang berbaring di rumah sakit pada saat ini .
Kebetulan kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang kelebihan-kelebihan orang sakit, langsung saja


dalam sebuah hadist Rasulullah SAW pernah bersabda :
“Apabila seorang hamba mukmin
sakit, maka Allah mengutus 4
malaikat untuk datang padanya.”
Allah memerintahkan :
1. Malaikat pertama untuk mengambil kekuatannya sehingga menjadi lemah.
2. Malaikat kedua untuk mengambil rasa lezatnya makanan dari mulutnya
3. Malaikat ketiga untuk mengambil cahaya terang di wajahnya sehingga berubahlah wajah        si sakit menjadi pucat pasi.
4. Malaikat keempat untuk mengambil semua dosanya , maka berubahlah si sakit menjadi          suci  dari dosa.
Tatkala Allah akan menyembuhkan hamba mukmin itu, Allah memerintahkan kepada malaikat 1,
2 dan 3 untuk mengembalikan kekuatannya, rasa lezat, dan cahaya di wajah sang hamba.
Namun untuk malaikat ke 4 , Allah tidak memerintahkan untuk mengembalikan dosa-dosanya
kepada hamba mukmin. Maka bersujudlah para malaikat itu kepada Allah seraya berkata : “Ya  Allah mengapa dosa-dosa ini tidak  Engkau kembalikan?” Allah menjawab: “Tidak baik bagi kemuliaan-Ku jika Aku mengembalikan dosa-dosanya setelah Aku menyulitkan keadaan dirinya ketika sakit. Pergilah dan buanglah dosa-dosa tersebut ke dalam laut.”

Subhanallah!
Rahmat Allah kepada hambanya luar biasa, Apakah kita menyadarinya ?
Sudah sepatutnya kita sebagai hamba Allah yang bertaqwa, selalu bersyukur dan sabar atas nikmat dan cobaan dari Allah, yakinkanlah bahwa setiap cobaan atau penyakit yang diberikan oleh Allah adalah sebagai bentuk kasih sayang Allah kepada hambaNya agar kita menjadi lebih baik.

Lain dengan orang yang diberikan kesehatan oleh Allah, dengan kesehatannya dia semakin bertambah maksiat kepada Allah seperti, Firaun. Nikmatnya tak terkira, tidak pernah sakit, bersin pun tidak pernah kerana Allah berikannya nikmat kesihatan. Orang lain selalu sakit, tapi Firaun tidak, orang lain mati, namun dia masih belum mati-mati juga, sampai rasa angkuh dan besar diri lantas mengaku dirinya tuhan. Tapi dengan nikmat itulah Allah binasakan dia.

Namrud, yang cuba membakar Nabi Ibrahim. Betapa besar pangkat Namrud? Dia begitu sombong dengan Allah, akhirnya menemui ajalnya hanya disebabkan seekor nyamuk masuk ke dalam lubang hidungnya.

Tidak ada manusia hari ini sekaya Qarun. Anak kunci gudang hartanya sahaja kena dibawa oleh 40 ekor unta. Akhirnya dia ditenggelamkan bersama-sama hartanya sekali akibat terlalu takbur.

Mereka semua adalah orang- orang yang diberikan kesehatan dan umur panjang oleh Allah.
Sekarang mari kita intropeksi diri, apakah dengan kesehatan yang diberikan oleh Allah membuat kita lebih taat kepadaNya atau sebaliknya. Jika sebaliknya maka segaralah bertaubat kepada Allah.

Wa Allahu a’lam bissawab

“SUBHANAKA ALLAHUMMA WABIHAMDIKA ASYHADU ANLA ILAHA ILLA ANTA ASTAGHFIRUKA WAATUBU ILAIK”

You Might Also Like

2 komentar