Pesan kebaikan Luar biasa di Film Jai Ho

01:00:00


Oleh : Muhammad Areev

Pernahkan anda menonton film Jai Ho ? Kalau pernah pasti kenal dengan sosok  Jai Agnihotri seorang pemuda yang gagah dan tampan. Film yang diperankan oleh Salman Khan ( Jai Agnihotri) ini selain sebagai Film Action tetapi juga meninggalkan kesan tersendiri pagi penontonnya.

Salah satu kesan tersebut yaitu seorang Jai Agnihotri yang suka membantu orang lain. Jai berpendapat jika orang yang ditolong olehnya tidak perlu berterima kasih akan tetapi  “Buatlah kebaikan kepada tiga orang, lalu katakan hal yang sama seperti yang aku katakan ini kepadanya,” ucap Jai. Kata jai inilah yang menjadi pesan kebaikan luar biasa di Film Jai Ho tersebut.

Tiap orang yang di bantu oleh jay selalu mengatakan “Terima Kasih” namun jay selalu mengatakan tidak perlu mengucapkan terima kasih tetapi lebih baik bantu 3 orang lain kemudian katakan pada mereka untuk membantu 3 orang lain lagi.
Jalan ceria bermula dari beberapa penjahat yang mencoba menculik seorang gadis. Tanpa tinggal diam ibu Jai langsung menyuruh Jai untuk menyelamatkan gadis tersebut yang merupakan kerabatnya. Beberapa penjahat tersebut langsung babak belur dihajar oleh jai.

Cerita kemudian mengalir menghadirkan beberapa potongan kisah yang kemudian mengarah  kepada satu tokoh jahat, Menteri Dashrat Singh. Dashrat Singh ini merupakan seorang menteri yang kejam, licik, menipu rakyat. Siapa saja yang ingin menjatuhkan menteri Dashrat Singh dari jabatannya atau bermasalah dengan keluarganya maka nyawa taruhannya. Singkat cerita, jai memiliki masalah dengan menteri karena membunuh menantu menteri Dashrat Singh yang mencoba menculik keponakan Jai. Dashrat Singh sudah sangat geram terhadap Jai, Dashrat Singh juga seorang yang  menguasai media sehingga dapat membalikkan fakta dengan mudah, tujuannya agar Jai yang dianggap bersalah.

Di sisi lain seorang pejabat pemerintahan mengatahui kejadian sesungguhnya yang terjadi antara Jai dan menantu menteri dan Jai dan Dashrat Singh melakukan pertemuan perdamaian di rumah Dashrat Singh. Dashrat Singh yang juga sudah kesal dengan pejabat pemerintahan tersebut langsung mencoba membunuhya. Jai berusaha menyelamatkannya dan mencoba untuk membunuh menteri Dashrat Singh. Namun karena anak buah menteri yang begitu banyak membuat Jai harus mengurung niatnya tersebut dan menyelamatkan seorang pejabat tersebut yang lebih penting

Lagi-lagi Dashrat Singh membalikkan fakta di media dengan mengatakan bahwa Jai mencoba membunuhnya. Sehingga membuat rakyat marah kepada Jai.
Kakak Jai yang langsung diminta keterangan oleh media mencoba meyakinkan rakyat “mana mungkin seorang Jai yang mencoba membunuh bapak Dashrat Singh sedangkan Jai adalah orang pertama yang memulai rantai kebaikan jangan berterima kasih bantu 3 orang, minta mereka untuk membantu 3  orang lain” ucap kakak Jai.  Dengan keterangan tersebut rakyat pun sudah tahu bahwasanya Jai yang memulai rantai kebaikan tersebut yang sudah begitu berkembang di kalangan masyarakat.

Ditambah lagi dengan pengakuan seorang pejabat pemerintahan yang berhasil diselamatkan oleh Jay yang memberikan keterangan bahwa Dashrat Singh yang mencoba untuk membunuhnya dan Jai datang untuk menyelamatkannya. Akhirnya Dashrat Singh tewas di tangan rakyat.

Dengan ideologi sosok Jai  “Jangan berterima kasih, lebih baik bantu 3 orang lagi dan minta mereka untuk membantu 3 orang lagi” mampu menyatukan dan menyentuh hati rakyat. 









You Might Also Like

5 komentar

  1. bener banget gan,
    saya juga suka dengan Film

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suka, sruh 3 orang lain membaca artikel ini tiap 3 orang suruh mereka untuk membaca artikel ini juga :)

      Delete
    2. Jangan ucapkan terima kasih
      Jika ada waktu bantulah tiga orang dan suruh tiga orang itu untuk membantu tiga orang lagi

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Keren sob....
    Ceritanya mengharukan apalagi yang ada wanita cacat bunuh diri karena tdk bisa ujian gara2 anak menteri

    ReplyDelete