Legenda Asal Usul Penamaan Tapaktuan

09:19:00


Menurut cerita legenda lokal dahulu kala sepasang naga menemukan seorang bayi perempuan yang mengapung di tengah laut, mereka merawat bayi tersebut hingga dewasa.  Beberapa tahun kemudian Raja dan permaisuri yang kehilangan putrinya mengetahui bahwa Putri mereka telah hidup dan besar bersama sepasang naga.

Singkat cerita, Raja dan permaisuri menginginkan anaknya yang bernama Putri bungsu kembali kepada mereka. Namun sepasang naga jantan dan betina itu tidak mengizinkannya dengan alasan mereka telah merawat Putri bungsu dari kecil.

Singkat cerita,  Raja dan permaisuri berhasil membawa kabur Putri bungsu tanpa sepengetahuan naga. Sadar Putri bungsu telah dibawa kabur lalu kedua naga tersebut mengejar raja yang masih di tengah lautan hingga terjadi pertempuran dahsyat di laut. Hal itu menyebabkan persendian tuan tapa terusik.


Tuan tapa keluar dari gunung tempat ia bertapa, jejak kaki saat ia keluar dri gunung itulah meninggalkan bekas yang hingga sekarang dinamakan tapak tuan tapa. Tuan tapa akhirnya berhasil menyelamatkan Raja dari gangguan naga. Tuan tapa berhasil memenangkan pertarungan dengan memukul naga dengan tongkat.

Tapak tuan tapa inilah yang menjadi asal muasal ibukota Aceh Selatan dinamakan Tapaktuan.

"Air dalam tapak tuan tapa itu jika dipakai untuk basuh wajah maka kita akan awet muda" cetus pria asal Bojonegoro yang sudah dua tahun menetap di aceh sekaligus teman wisata saya ke tapak tuan tapa ðŸ˜‚😂


Tapaktuan, 9 Agustus 2017

You Might Also Like

0 komentar