Wisata Patung Marugan dan Mengapa Kita berbeda ?

04:54:00


Patung Dewa Marugan ini dibuat dari 250 ton bar baja dan 300 liter cat emas yang didatangkan dari Thailand.Di belakang patung itu juga terdapat 272 tangga untuk menuju ke Gua kuil.

Mengunjungi wisata religius seperti ini akan disuguhkan cara orang yang berbeda keyakinan beribadah, tentu saja hal itu akan menambah pengetahuan tentang cara mereka yang berbeda keyakinan beribadah, membuat kita lebih menghormati dan menghargai mereka yang berbeda.

Lebih dari itu, aku kagum dan terheran ketika berjumpa dengan mereka-mereka yang sangat berbeda latar belakang, kultur, fisik dan agama sambil bertanya2 mengapa tuhan menciptakan kita berbeda-beda? Jika tuhan mau mudah saja bagi tuhan menciptakan kita umat yang satu seperti yang disebutkan dalam kitabNya. Lalu kenapa? Menurut Prof.Quraish shihab, tuhan menciptakan kita berbeda-beda untuk melatih kita memilih dan berprinsip. Jika semuanya sama tentu saja tidak ada kemampuan kita untuk memilih dan memilah.

Lebih lanjut beliau juga mengatakan agar kita jangan mudah menyalahkan orang lain. Kita boleh menganggap diri kita benar dan orang lain salah, dan hal itu memang alamiah ada dalam diri kita.

Namun jangan sampai hal itu diungkapkan untuk menyalah-nyalahkan orang lain yang dianggap salah. Justru ketika diungkapkan itulah yang menjadikan kita berpecah dan tidak bisa memahami perbedaan. Apalagi sampai memaki dan menebar kebencian.

You Might Also Like

0 komentar