Wisata Toba dan Kebudayaan Disana

09:01:00


 Museum batak. Di dalam rumah adat batak toba ini banyak terdapat alat tradisional, pahatan patung, pedang dll khas batak toba. Saya penasaran dengan pahatan cicak di rumah adat batak yg sering saya lihat tidak hanya di rumah adat batak toba tapi juga lainnya, menurut guide museum itu cicak merupakan simbol berbaur dan adaptasi sebagaimana kita lihat cicak ada dimana-mana, orang batak juga harus seperti itu. Orang batak harus bisa berbaur dimana-mana dan  beradaptasi itu merupakan amanah nenek moyang tutur guide itu.


Tepat dibelakang saya ada sebuah patung yang bernama sigale-gale. Menurut guide setempat, sigale-gale merupakan patung yang dibuat oleh dukun untuk menghibur raja yang  kehilangan anaknya bernama Manggale. Menurut cerita, dulu patung ini bergerak dan menari sendiri karena ada roh manggale dalamnya. Sekarang, yang ingin menari dengan patung sigale-gale harus membayar 80 rb, tapi jangan  takut, sigale-gale tidak lagi bergerak dengan roh karena sudah dibuat alat khusus sehingga dia bisa bergerak.


Poto anak muda yang semakin tua. Orang disamosir menebaknya orang papua, sumba tapi aslinya Aceh. Anak muda ini punya pesan "indonesia ini kaya akan ragam budaya, bahasa, ras dan agama. Khazanah itu harus tetap kita jaga meskipun ada banyak perbedaan. Perbedaan itu keniscayaan, mari kita jaga bersama perbedaan itu dalam bingkai hidup rukun damai berseri seri.

Salam olahraga !!

You Might Also Like

0 komentar