Menilai kedewasaan

06:08:00


Ada yang bilang ada cara yang sangat mudah untuk menilai tingkat kedewasaan seseorang yaitu ketika seseorang menyetir, atau mengendarai sepeda motor. Ketika menyetir atau mengendarai sepeda motor biasanya karakter atau tingkat kedewasaan seseorang akan tampak dengan jelas. Bagaimana dia mengontrol emosi, bagaimana dia mengambil keputusan, bagaimana dia mentaati peraturan lalu lintas.

Ketika menghadapi kemacetan orang yang tidak sabar dan emosian akan sangat mudah terlihat, dia akan mengumpat sepanjang jalan, berkeluh kesah. Saya pernah jadi penumpang di mobil travel. Dia melayani dengan sangat bagus, mengangkat barang-barang saya, sambil tersenyum bertanya mau kemana dalaam rangka apa. Namun, ketika tiba-tiba ada mobil menyerempet dengan refleks keluar kebun binatang dari mulutnya " woy b*bi " sambil melihat ke arah mobil tersebut dan terus melanjutkan caci makinya dalam mobil.

Dengan menyetir kita juga dapat memperhatikan cara seseorang mengambil keputusan apakah cepat terpengaruh dengan omongan orang grasa-grusu tidak punya dasar kuat ketika mengambil keputusan.

Yang terpenting amati cara dia mengolah emosinya di jalan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti macet, di srempet oleh kendaraan lain. Bagaimana dia mengolah emosinya ketika marah, senang sedih apakah berlebihan atau tidak, disitu akan keliatan kedewasaan seseorang.

You Might Also Like

0 komentar