Dewasa Dalam Berpikir, berbicara dan Bersikap

02:19:00

Tulisan ini bukanlah tulisan saya, copas dari media sosial Quora id, slaah satu media sosial positif menurut saya. kita bisa mendapatkan banyak pencerahan baru dari tulisan-tulisan orang lain yang dibagikan setelah ada pertanyaaan sebelumnya. Tulisan ini ditulis oleh lola felicia seorang entrepreneur, seorang yang menyukai tontonan tedtalk menurut pengakuannya. Sengaja saya posting di blog pribadi sebgaai noted untuk saya. Berikut isi tulisannya 
Saya mau share apa yang saya pelajari tentang cara berbicara dengan orang lain. Ini karena saya hobi nonton Ted talk dan saya akan catat di notes saya apa yang kiranya penting, dan saya afirmasikan.
Avoid 7 deadly sins of speaking! (jika kamu tetap masih melakukan hal ini orang tidak betah berbicara denganmu, percayalah)
Ini ada 7 hal yang harus di hindari ketika kita berbicara dengan orang lain:
  1. Gosip. Ketahuilah jika kamu mengetahui seseorang yang suka gosip. ketika ia bergosip dengan anda, 5 menit kemudian dia akan membicarakan tentang anda. Hindarilah bad habbit ini.
  2. Judging. Jangan menganggap semua orang itu harus bertingkah laku sama dengan mu, jika jalan hidup dia berbeda dengan mu yasudah lah tidak perlu menjudge apapun. kamu tidak tau apa yang terjadi dengan orang itu atau apa yang sudah ia lewati. Orang tidak akan betah berbicara dengan orang yang suka ngejudge.
  3. Negativity. Saya paling malas dan tidak bisa berbicara dengan orang macam ini, apapun di balas dengan negatif. jangan-jangan dia baik ada maunya. jangan-jangan bawahan lapor ke atasan karena dia menutupi sesuatu. fiuhh please..
  4. Complaining. Baru diajak ngobrol sebentar yang keluar dari mulutnya hanya complain2, ketahuilah di luar sana banyak orang yang memiliki kehidupan di bawah mu. mungkin yang kamu complain itu apa yang ia pun tidak punya, tidak perlu dibahas karena complain tidak menyelesaikan masalah.
  5. Excuses. Orang yang selalu menlemparkan kesalahan pada orang lain, dia tidak pernah salah atas perbuatannya. sulit untuk bisa berbicara dengan orang macam ini.
  6. Lie. Kita tidak akan pernah mau berbicara dengan seseorang yang berbohong kepada kita.
  7. Dogmatism. the confusion between facts and opinion. seseorang akan memborbardir kamu dengan opini yang ia anggap benar. sulit untuk berbicara dengan orang seperti ini.
Ketujuh 7 hal ini harus dihindari supaya orang lain lebih menghargai mu ketika dirimu berbicara.
4 hal yang menjadi pondasi ketika kita berbicara ialah :
  1. Honesty
  2. Authenticity
  3. Integrity
  4. Love
Ini sebagai dasar cara kita berbicara dengan orang lain dengan dewasa. ingat lah hal yang dihindari dan yang harus kita lakukan ini.
Ini ku dapat dari Ted talk - Julian Treasure. saya sampai punya notes nya karena menurut saya ini SANGAT penting.
Semoga bermanfaat. Dukung naik ya, aku akan rajin share foot notes ku :)

You Might Also Like

0 komentar