Pemuda penerus estafet Kepemimmpinan

20:31:00


Siapakah pemuda? Menurut Undang-Undang No 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, definisi pemuda adalah "Warga Negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun". Jadi, Warga Negara Indonesia yang dikategorikan sebagai pemuda adalah warga negara yang berusia antara 16-30 tahun.

Berbicara tentang pemuda berarti berbicara tentang masa depan negeri ini, yang mana pemuda akan menjadi penerus estafet kepemimpinan generasi sekarang ini. Mendengar kata “pemuda” identik sebagai sosok yang berusia produktif, berpikiran maju, pantang menyerah, memiliki keberanian, bermoral, inovatif, kreatif dll. Bagaiamana nasib negeri ini kedepannya ada ditangan sosok pemuda saat ini.

Presiden pertama kita Soekarno pernah mengatakan dalam pidato terkenalnya

                                                          Ir.Soekarno

“Berikan 10 orang pemuda dan aku akan mampu memindahkan sebuah gunung dan berikan aku 100 orang pemuda maka aku akan dapat menggerakkan dunia”

Kemerdekaan Indonesia tidak lepas dari sosok pemuda, dimana pemuda saat itu dengan penuh semangat  melakukan apa yang dapat dilakukan dan memberikan apa yang dapat diberikan untuk negeri ini sehingga kemerdekaan yang dicita-citakan dapat tercapai.

Apabila kita melihat kondisi pemuda saat itu berbeda jauh dengan kondisi pemuda saat ini, saat itu pemuda tidak dibekali pendidikan yang formal, fasilitas apapun tetapi dengan semangat dan gigih mereka berkontribusi besar dalam kemerdekaan indonesia. Sebagai pemuda di yang hidup di era modern ini yang sudah dilengkapi dengan pendidikan dan fasilitas yang memadai harus lebih mampu memberikan kontribusi yang lebih besar untuk negeri ini.

Di era modern ini para pemuda dihadapkan pada berbagai tantangan seperti tawuran, penyalahgunaan narkoba, seks bebas, pornografi. Bahkan, dilaporkan  Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)  mencatat enam bulan pertama tahun 2012 ditemukan 139 tawuran antar pelajar, 12 diantaranya berakhir meninggal sia-sia. Kasus narkoba yang berhasil di survey oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan prevalensi penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelajar mencapai 4,7% dari jumlah pelajar dan mahasiswa. Kalau pemuda di negeri ini terus disibukkan dengan tawuran, narkoba dan lain sebagainya. Bagaimanakah nasib negeri ini kedepannya ?. Sebagai penerus estafet kepemimpinan pemuda harus mampu menjawab tantangan-tantangan di masa yang akan datang.

Banyak pemuda- pemuda yang telah sukses dan berprestasi memajukan indonesia baik dibidang kewirausahaan, ilmiah, teknologi dan lain sebagainya . Kita sebagai pemuda pada dasarnya memiliki potensi dasar untuk berkontribusi bagi negeri ini. Dengan bermodalkan ketekunan dan motivasi yang tinggi kita dapat mewujudkan apa yang kita impikan dan cita-citakan

Sebagai tulang punggung bangsa dan negara kita harus bisa menjawab tantangan-tantangan di masa yang akan datang. Kita dapat memberikan kontribusi positif dalam bentuk apapun. Kontribusi positif itu bisa kita implementasikan dari lingkungan sekitar kita. Sehingga nantinya para pemuda yang sebagai penerus estafet kepemimpinan sebuah generasi dapat berguna bagi bangsa dan negara.

You Might Also Like

18 komentar

  1. mantap, kalau saja semua pemuda sadar dan mau membuat perubahan mungkin indo sudah makmur :)

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Bukan saja makmur, indonesia akan menjadi negara yang maju dan ditakuti oleh negara lain !

    ReplyDelete
  4. betul tu rif ,pemuda itu tonggak negara(Y)

    ReplyDelete
  5. HAHAHAHAHAH CUMANA KOMEN AJA TIDAK NOLAK CENDOLLLL

    ReplyDelete
  6. Makanya ! Kita harus bisa berkontribusi untuk negeri ini.

    ReplyDelete
  7. good artikel (y)

    ReplyDelete
  8. (y) smg kita jadi pemuda y berguna bg bangsa dan negara

    ReplyDelete
  9. Benar teman, pemuda adalah estafet kepemimpinan, kita para generasi muda adalah calon penerus negeri ini, masa depan negeri ini ada di tanggan kita, apakan negeri ini akan lebih maju, atau lebih mundur atau tetap seperti biasa biasa saja, itu semua ada di tanggan kita

    ReplyDelete
  10. Oleh sebab itu kita sebagai pemuda harus menyadari akan hal ini, dan lakukan yang terbaik untuk negeri ini

    ReplyDelete
  11. (y) afdhalul, jadilah pemuda y berguna

    ReplyDelete
  12. nice posting, mari kita isi waktu; harta yang paling berharga yang kita miliki dengan berbagai kegiatan produktif. salam kenal ya, dan saya follow ya blog-nya :-)

    ReplyDelete
  13. Ya. Bangsa ini memang butuh pemuda-pemuda yang tangguh.

    ReplyDelete