Diomongin

10:34:00

Saya punya prinsip yang kuat tentang diomongin oleh orang lain dan ini menarik untuk dibahas mengingat apa yang saya lihat di medsos dan realita kebanyakan isinya tentang nyindir orang lain karena ngomongin tentang dirinya ataupun merasa balas membalas sindirian yang intinya diomongin dan ngomongin orang lain. 

Kebun Jeruk Mangunan, Yogyakarta

Yang pertama ingin saya bahas, kita semua ini tidak bisa membuat semua orang senang. Diomongin orang lain itu hal yang wajar, mungkin karena sikap atau pemikiran kita tidak sependapat dengan orang lain. Seseorang membicarakan yang tidak disukainya itu hal yang lumrah, wajar. Dalam kehidupan kita tidak dapat sependapat dengan semua orang atau harus berkehendak sesuai dengan keinginan semua orang. Kadangkala apa yang kita lakukan bertentangan dengan yang diharapkan oleh orang lain. Namun, tetaplah kita sebagai orang yang memiliki prinsip harus tetap komitmen dengan prinsip yang kita yakini selama prinsip yang kita yakini tidak bertentangan dengan norma-norma manapun dan tidak merugikan orang lain. Jangan sampai kita bertengkar dengan diri sendiri hanya karena ingin menyenangkan semua orang. Padahal itu mustahil bisa dilakukan. 

Yang kedua fokuslah dengan apa yang dapat kita kendalikan atau kontrol. Diomongin orang lain merupakan sesuatu diluar kendali kita. Tidak perlu memikirkan dan membebani diri sendiri dengan hal-hal yang tidak bisa kendalikan, dan kita hanya memiliki dua tangan tidak mungkin dapat menutup mulut semua orang. Jangan menyia-nyiakan waktu dan energi untuk sesuatu yang tidak bisa kita kontrol atau kendalikan.

Yang ketiga kita semua ini sebagai manusia punya kekurangan, kesalahan. Kesalahan yang pernah kita lakukan berusahalah untuk memperbaikinya dan belajar dari kesalahan tersebut agar tidak terjadi kesalahan yang sama. Minta maaf untuk kesalahan yang kita lakukan jika berhubungan dengan manusia. Tak perlu malu untuk meminta maaf atas kesalahan yang kita lakukan. Soal kekurangan, jika itu bisa kita rubah dan perbaiki, berusahalah untuk perbaiki jika tidak, tetap lapang dada dan akui kita punya kekurangan fokuslah kepada kelebihan yang kita punya. Jadi diomongin oleh orang itu wajar. Tetap jadi diri sendiri.

 


You Might Also Like

0 komentar