Rendah diri atau rendah hati ?

06:00:00


Sebelum saya diangkat menjadi pegawai di salah satu BUMN, setelah melewati latihan bela negara di rindam 10 hari, kemudian pembidangan selama kurang lebih 2 bulan kami kembali dikumpulkan di kantor wilayah. Waktu selah, dimanfaatkan oleh bapak-bapak di kantor wilayah untuk memotivasi kami. Salah satu motivasi yang masih saya ingat sampai sekarang adalah ketika saat itu pak Arqam berbicara di depan kami semua bahwa kami sebagai pegawai nantinya wajib memiliki sikap rendah hati tapi tidak boleh rendah diri. Kata-kata tersebut terus tersimpan di memori saya dan seolah membentuk kepribadian saya sampai sekarang.

Rendah hati dengan rendah diri jelas sangat berbeda. Rendah hati adalaah suatu sikap yang menunjukkan puas terhadap diri sendiri, percaya dengan diri sendiri namun tidak menunjukkan semua yang dimiliki. Sedangkan rendah diri adalah suatu sikap yangmenunjukkan kurang puas terhadap diir sendiri, kurang menghargai diri sendiri karena merasa tidak mampu secara fisik, sosial ataupun kecerdaan. Rendah diri tentu berbeda dengan merendah diri, merendah diri adalah suatu sikap yang puas dengan diri sendiri dan tidak ingin diagung-agungkan secara berlebihan dan cenderung merendah dalam hal apapun walaupun hal yang sudah dicapainya sangat luar biasa sekalipun. Merendah diri suatu sikap yang baik dan sangat dianjurkan.

Orang yang rendah diri atau rendah hati sangat berbeda dalam menerima kritikan. Mereka yang rendah hati setiap kritikan yang dilontarkan kepadanya mereka akan saring, menelaah, intropeksi jika memang suatu kritikan bagus untuk dirinya dia akan menerimanya, dia akan mencoba merubah dirinya untuk menjadi lebih baik. Berbeda dengan mereka yang rendah diri, setiap kritikan yang dialamatkan kepadanya dia akan menyalahkan sang pengkritik atau dia akan menyalahkan dirinya atas ketidakmampuannya tersebut sehingga membuat dirinya semakin tidak percaya diri.

Rendah hati adalah sikap seseorang yang memiliki kelebihan dalam hal materi atau kecerdasan ataupun hal lainnya namun dengan kelebihannya mereka tidak menonjolkan atau memamerkannya dihadapan orang lain. Disinilah sedikit berbeda antara mereka yang sombong dan rendah hati. Jika dengan kelebihan tersebut mereka ingin diakui, ingin terlihat oleh orang lain disiniah letak kesombongan. Sedangkan rendah diri adalah sikap seseorang yang merasa dirinya tidak memiliki kemampuan apapun baik dari segi harta, fisik ataupun kecerdasan. Mereka lebih menutup diri menganggap dirinya terlalu rendah. 

Padahal kekurangan seseorang dalam segi apapun tidak boleh membuat dirinya rendah diri. Karena tiap orang dibekali dengan kelebihan tertentu oleh sang pencipta. Mereka yang rendah diri cenderung membandingkan dirinya dengan orang lain, merasa dirinya tidak memiliki apapun. Itu merupakan sifat buruk untuk diri sendiri yang harus dihilangkan. Sikap rendah diri membuat seseorang kurang menghargai diri sendiri, low confident. Sepatutnya siapapun kita, apapun kita, harus bersikap rendah hati, harus bisa menerima segala kekurangan diri sendiri serta berusaha menjadi lebih baik. Hiduplah dengan menjadi diri sendiri tanpa harus membandingkan dengan orang lain.

You Might Also Like

2 komentar