Merdeka dan Sederhana

07:52:00

Mendengar kata merdeka mungkin yang terbayang dalam benak kita adalah sebuah negara yang terlepas dari segala belenggu, aturan dan kekuasaan pihak lain dalam hal ini Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita sering memperingati hari kemerdekaan Indonesia tiap tahun. Indonesia telah merdeka 74 tahun semenjak di proklamirkan kemerdekaan pertama kali oleh presiden Republik Indonesia pertama kali Soekarno pada 17 Agustus 1945.

Nanun, kita perlu instropeksi diri, apakah diri kita juga sudah benar-benar merdeka. Bagi saya seseorang dianggap merdeka itu ketika dia hidup terlepas dari belenggu dan aturan orang lain, orang yang hidup berdasarkan dirinya sendiri, punya prinsip, punya komitmen terhadap dirinya. Pendek kata menjadi diri sendiri. Artinya orang ain tidak dapat mempengaruhinya dalam hal bersikap, bergaya, dan berpendapat. Bukan berarti manganggap diri paling benar dalam segala hal, tapi punya flter bagaimana pendapat, sikap dan gaya hidup yang dapat dicontoh dan mana yang untuk dibuang.

Gus Dur pernah berkata " Jika kamu masih terganggu dengan hinaan dan pujian kamu masih manusia amatiran". Menurut saya, manusia merdeka itu seperti yang disebutkan oleh Gus Dur manusia yang tidak lagi terganggu dengan pujian dan hinaan. Orang lain bebas berpendapat terhadapnya, orang lain bebas menilainya , namun dia tidak goyah, dia tetap dengan keyakinanya.

Merdeka itu juga tentang bagaimana kita menjalani hidup dengan menjadi diri sendiri tanpa terlalu 'jaga image'. Belum merdeka rasanya ketika harus bergaya dengan mewah dengan modal seadanya untuk agar terlihat kaya, belum merdeka rasanya ketika masih besar pasak daripada tiang. Ingin terlihat kaya, ingin terlihat mewah, ingin terlihat berwibawa dengan modal dari orangtua, ataupun modal utang. Merdeka itu yaa tampil seadanya, jika aku menikmati makanan di warteg kenapa aku harus ke kfc, jika pakaian murah ini menurutku bagus kenapa harus membeli yang mahal, jika aku berjalan di di keramaian dengan gaya ke akuan kenapa aku harus merubahnya untuk agar terlihat cool. Aku yaa aku, aku hanya ingin menjadi aku.

Orang-orang terkaya didunia semisal pendiri facebook Mark Zuckemberg, pendiri alibaba Jack Ma, pendiri microsoft Bill Gates justru ingin terlihat sederhana dalam kehiidupannya dengan penampilan yang biasa saja. Mark Zuckemberg malah sering bepergian kemana saja dengan kaos oblong warna yang sama, alasannya dia tidak ingin menghabiskan banyak energi untuk menetukan hal yang tidak penting. Bill Gates pernah tertangkap kamera berpakaian arloji dengan harga yang sekitar 1 jutaan, kalau kita berpikir, tidak layak seorang milyuner seperti bill gates menggunakan arloji dengn harga yang sesederhana itu.

Hampir semua orang suskes di dunia yang saya baca kisah hidupnya, mereka adalah orang-orang yang sosialnya baik, orang-orang yang peduli kepada sesama, orang-orang yang menyumbangkan banyak pendapatannya untuk sosial.Itulah mereka orang-orang kaya yang tetap ingin tampil dengan sederhana. Bagi mereka, kekayaan itu bukan soal pamer, kekayaan itu bukan soal menghamburkan uang. JIka anda adalah orang yang sukses, orang kaya, penampilan sederhana tidak akan membuat anda terlihat miskin, jikapun orang lain menganggap anda orang miskin anda tidak akan menjadi miskin. Sebaliknya jika anda orang yang biasa saja, namun ingin terlihat seperti orang kaya itu semua tidak akan merubah status anda.

Hidup sederhana bukan berarti anti dengan kemewahaan. Saya orang yang sering nonton channel Youtube Dedy Corbuzier, saya banyak terinspirasi dengan video-videonya di Youtube salah satunya video tentang dia membeli jam tangan seharga 1 milyar. Kira-kira untuk apa orang sekaya dedy membeli jam tangan seharga 1 M ? saya kira hanya untuk sekedar pamer, ternyata jam semahal itu merupakan impian dia saat kecil, ketika kecil dulu dedy hidup sebagai orang yang bisa dikatakan miskin, melihat orang kaya yang memakai jam tangan mahal dia menantang dirinya sendiri, suatu sata dia akan membeli jam mahal seperti itu dan hasilnya dia sukses dengan impiannya tersebut dan malah membeli jam tangan yang lebih mahal dari yang pernah dia lihat dulu, and that is limited edition .So, pamer itu tidak berlaku untuk orang yang kaya.

Apapun dan siapapun anda jadilah pribadi yang merdeka dan sederhana, karena dengan itu anda akan hidup secara merdeka !

You Might Also Like

0 komentar