Hidup Harus Punya Target

08:23:00

Saya pernah membaca sebuah buku, saya lupa judul bukunya, di dalam buku tersebut disebutkan tentang sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti terhadap para mahasiswa, dimana sebagian mahasiswa dituntut untuk membuat target-target dalam kehidupan mereka untuk 10-15 tahun ke depan. Kemudian para mahasiswa tersebut mencatat semua apa saja yang ingin mereka capai dalam rentang waktu tersebut sementara sebagian mahasiswa tidak melakukannya. Hasilnya, sebagian besar yang membuat catatan capaian yang ingin mereka raih 10-15 tahun ke depan hampir seluruhnya target mereka tercapai, dan alangkah terkejutnya, mereka yang membuat target dalam hidup mereka lebih kaya dan sukses dari mereka yang tidak membuatnya.

Buku yang saya baca tersebut sedikit banyak merubah mindset saya dalam menjalani kehidupan.  Hidup ini bukan hanya sekedar makan, tidur, buang.  Setiap kita harus mempunyai target atau tujuan dalam menjalani kehidupan. Mereka orang orang hebat adalah mereka yang selalu mempunyai rencana dan target yang gemilang dalam hidup, mereka yang ingin terus lebih baik daripada kemarin.

Hidup terlalu sia sia jika kita lewati begitu saja tanpa ada tujuan. Ibarat mengendarai sebuah mobil hanya mutar-mutar tanpa tau arah dan tujuan . Tahun lalu 2018, saya mencoba membuat target target dalam kehidulan saya selama tahun 2018. Target tersebut saya tempel dikamar, ketika saya mau tidur saya lihat itu, ketika bangun juga saya lihat itu. Hasilnya, persentase capaian target saya setelah saya kira-kira hanya 45,7 % . Jauh sekali dari target memang, tapi setidaknya sudah mencoba. Kalau istilah populer bermimpilah setinggi langit jika kau tak mampu mencapainya setidaknya kau sudah berada diantara bintang-bintang. Konsisten dan semangat memang sangat diperlukan untuk mencapai target target dalam hidup, dan itu menjadi PR besar bagi saya di 2019. Mood yang kadang baik dan buruk juga berpengaruh besar. Tahun depan saya berusaha lebih baik lagi agar mencapai target dan sukses.

Target tahunan saya tersebut sebenarnya juga misi-misi saya untuk mencapai visi. Jika perusahaan, intitusi, lembaga mempunyai visi misi demikian juga dengan kita. Misi bisa kita artikan target target kecil untuk mencapai visi sedangkan visi adalah tujuan besar atau jangka panjang kita. Seorang dianggap sukses ketika visi nya tercapai. Kita punya definisi tersendiri tentang sukses, bagi saya sukses itu ketika seseorang sudah mencapai apa yang di impikannnya, and that is not about money. Sukses itu bukan ketika anda sudah punya pekerjaan dan berpenghasilan. Anda dianggap sukses ketika anda bercita cita menjadi seorang pelukis, pilot, dokter, guru dan anda meraihnya, dan sukses itu sendiri tidak ada habisnya ketika kita sukses dengan satu target lalu kita membuat target lainnya lagi. Begitulah seharusnya,  karena kita menjalani hidup sebagai manusia yang dianugerahkan akal, dan berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya. Peecayalah, hidup dan waktu ini terlalu sayang jika kita lewati begitu saja layaknya air mengalir tanpa adanya tujuan.

You Might Also Like

1 komentar