Cerdas atau Pintar ?

06:40:00


Oleh : Muhammad Areev

Saya dulu berpikir cerdas sama dengan Pintar. Ternyata tidak, cerdas berbeda dengan pintar tetapi keduanya saling berkaitan. Misalnya saja, orang yang cerdas biasanya pasti pintar, begitu juga orang pintar biasanya juga cerdas. Tetapi bukan tidak mungkin orang yang pintar ternyata tidak cerdas juga sebalikya.

Lalu apa itu pintar dan cerdas. Kalau saya mengartikan cerdas itu adalah kemampuan seserang dalam memahami, memikirkan , menganalisis sesuatu dalam waktu yang cepat sedangkan pintar banyaknya pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang sehingga dia menjadi orang yang mengetahui.

Diatas saya mengkaitkan orang yang cerdas belum tentu pintar, yaa karena  dengan kepintarannya dia malah tidak mau memahami, mencari tahu sesuatu sehingga dia menjadi orang yang mengetahui. Saya sering melihat orang dengan kemampuan menangkap sesutu dengan begitu cepat, tetapi malah menyia-nyikan kemampuannya dengan malas belajar, bolos sekolah. "kalau dengan kemampuannya itu ditambah dengan kemauan untuk belajar yang kuat, ni anak akan jadi orang yang berpengaruh di dunia" pikir saya.

Ada juga orang yang Pintar namun tidak cerdas. Kalau orang seperti ini dia memang tidak dianugerhi kemampuan yang cepat dalam memahami, mengerti sesutu, tetapi dia terus mau mengulang-ulang apa yang ingin dipahami. Tapi cerdas itu bukan tidak bisa diasah atau dimiliki. Ibarat kata orang "pisau itu makin diasah makin tajam" begitu juga dengan otak semakin sering mencoba untuk memahami sesuatu maka makin tajamlah otak tersebut. Orang yang pintar tapi tidak cerdas besar kemungkinan akan mejadi cerdas suatu saat, orang yang cerdas tapi tidak pintar bisa jadi akan membuat otaknya makin berkarat kalau dia tidak sering mengasah otaknya.

Ibarat Processor komputer yang memiliki beragam kecepatanya, 1 Ghz, 2Ghz dst semakin besar Cpu clock komputer maka semakin cepat komputer tersebut berpikirnya. Lau apakah cukup komputer hanya cerdas saja ? Tentu tidak jawabannya dibutuhkan sebuah aplikasi yang disebut OS untuk membuat komputer yang berkecepatan super itu bisa dijalankan kemudian di install lagi aplikasi-aplikasi lainnya agar komputer tersebut makin besar fungsinya. Tetapi walaupun komputer tersebut tidak memiliki kecepatan processor yang memadai tetap saja komputer tersebut berfungsi walaupun lambat dalam processingnya. Begitulah perumpaannya. Sekarang kita mau jadi apa ? Cerdas, pintar atau keduanya ?


You Might Also Like

0 komentar