Berwudhu' atau buang-buang Air ?

06:34:00


Oleh : Muhammad Areev

Dalam berwudhu' dengan menggunakan kran seseorang dapat menghabiskan lebih kurang 1 menit untuk menyelesaikan wudhu'nya. Dalam semenit itu juga kran dalam keadaan hidup tanpa mati. Jika kita asumsikan saja debit air yang keluar melalui kran 1/6 Liter per detik atau sama dengan 0,167 Liter per detik kalau kita konversikan ke dalam desimal . 

Dalam semenit ada 60 detik, untuk mencari volume air yang keluar dalam semenit berarti dengan menggunakan rumus V (Volume) = D (Debit) x W (Waktu) atau V= 0,167 x 60 = 10 Liter. Banyaknya air yang keluar melalui kran dalam semenit (Volumennya) berarti ada 10 Liter.

Dalam sebuah hadist riwayat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu berkata,

"Rasulullah ShallallaHu 'alaiHi wa sallam berwudhu dengan satu mud dan mandi dengan satu sha' hingga lima mud" (HR. al Bukhari no. 201 dan Muslim no. 325)

Satu mud kalau kita konversikan ke dalam liter sekitar 0,6875 Liter atau langsung kita bulatkan menjadi 0,7 Liter. Sebagai perbandingan, lebih banyak sedikit dari botol mineral sedang yang berukuran 600 ml. Kalau kita bandingkan 0,7 dengan 10 sama dengan ada 14 kali 0,7 (hasilnya 9,8 Liter) . Berarti sekali kita berwudhu' dengan air kran sama dengan 14 kali Rasulullah berwudhu'. Itulah sedikit perbandingat antara kita berwudhu' dengan wudhu'nya Rasulullah. Mungkin kita tidak bisa sehemat rasulullah dengan sekali berwudhu' satu mud tapi jangan juga terlalu boros dengan Air.


You Might Also Like

0 komentar