View Desa Lamdaya

23:03:00

Lamdaya merupakan sebuah gampoeng (desa dalam bahasa indonesia) yang ada di Mukim Lamjampok, kecamatan ingin jaya, kabupaten Aceh Besar, provinsi Aceh. Lamdaya adalah tempat kelahiran dan tempat tinggal saya saat ini. Saya akan memperkenalkan kepada pembaca semua bagaimana suasana di desa saya gampong lamdaya, bagaimana tenteramnya masyarakatnya dll. Pokoknya baca sampai habis J..

Dalam kesehariannya masyarakat lamdaya disibukkan oleh aktivitas masing-masing ada yang berprofesi sebagai petani, pedagang, PNS, pelajar dsb. Di tengah kesibukan masing-masing tidak membuat masyarakat Lamdaya putus silaturahmi. Satu hal yang menarik dari masyarakat Lamdaya yaitu saat bertemu satu sama lain mereka saling sapa atau menebarkan senyum, dengan begitu membuat tali silaturahmi mereka kuat dan seperti ada kesatuan antara satu dengan yang lainnya.

Bukan hanya berhablum minannas yang baik, Masyarakat Lamdaya juga berhablum minallah dengan taat. Misalnya tiap shalat maghrib, subuh dan insya masyarakat gampong lamdaya melaksanakannya di Meunasah (mushalla dalam bahasa indonesia) secara berjamaah. Sayangnya, shalat dhuhur dan ashar tidak dilaksanakan berjamaah karena dalam waktu itu kebanyakan masyarakat gampong (kampung) Lamdaya dalam keadaan beraktivitas di luar gampoeng.



  







Meunasah gampong lamdaya

Selain shalat berjamaah di meunasah, untuk melaksanakan perintah Allah dan melawan kebodohan, tiap-tiap malam kamis di meunasah gampong lamdaya juga diadakan pengajian bersama, yaitu pengajian kitab-kitab arab melayu (jawi).

Setiap sebulan sekali pada tanggal 13 di gampong lamdaya juga diadakan timang aneuk miet (menimbang balita) yaitu untuk mengetahui bagaimana perkembangan gizi dan berat badan balita (bayi lima tahun) di posyandu (pusat pelayanan terpadu) di gampong lamdaya.




                                                     Posyandu gampong lamdaya

Di dalam gedung posyandu ini terdapat banyak peralatan-peralatan untuk acara tertentu. Di dalamnya terdapat seperti kursi, piring, gelas dan perlatan lainnya yang bisa dipakai masyarakat gampong lamdaya untuk keperluan tertentu. Seperti kenduri, ada orang meninggal dsb.

Di sebelah selatan gampong lamdaya terhubung langsung dengan krung Aceh (sungai Aceh). Sungai tersebut biasanya menjadi tempat pemuda lamdaya untuk menyalurkan hobinya yaitu memancing. Sungai itu dulunya kecil dan dangkal sehingga dimanfaatkan oleh ibu-ibu untuk mencuci pakainan, mandi dll. Namun, semua itu berubah ketika sungai tersebut dari hari ke hari mulai dangkal diakibatkan oleh erosi di sekitar sungai tersebut

                                                        Krueng Aceh (sungai Aceh)


Sungai ini kadang-kadang meluap airnya ketika terjadi hujan secara terus menerus . Meluapnya sungai ini membuat musibah tersendiri bagi pengembala yang biasanya memotong rumput di sekitar sungai tersebut dan menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi anak-anak yang memanfaatkannya untuk arena berenang.

                                                 Meluapnya Air sungai Krueng Aceh


Kalau kita jalan-jalan lagi di sebelah utara gampong lamdaya disana terdapat persawahan, ketika sampai di persawahan langsung terlihat pepadian yang hijau, subur seolah-olah menandakan bagaimana makmurnya masyarakat lamdaya.





                                                        Jalan menuju persawahan



You Might Also Like

4 komentar

  1. keren teman.. #GoBlog and let's promosikan gampong.

    ReplyDelete
  2. yayaya:)
    terinspirasi dari http://tazaemjayy.blogspot.com/2013/12/pesona-keindahan-gampong-lubok-gapuy.html

    ReplyDelete
  3. baru tau ada desa lamjampok .. bisa nih diajak tour kedesa nya :)

    komentar juga disini ya ?
    http://musikanegri.blogspot.com/2014/04/gunongan-bukti-cinta-sultan-kharismatik.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya yang anda maksud Desa Lamdaya, Kalau Lamjampok itu mukim dari Lamdaya.

      ok !

      Delete