Jak Saweu Gampong Lamdaya

05:40:00

Lamdaya, dari penamaan namanya saja kita sudah tau bahwa desa ini teretak di daerah Banda Aceh/Aceh Besar yang umumnya para endatu memakai awalan ‘lam’ dalam penamaan suatu daerah (ex: Lamjamee, lamteuba, lamdingin dll). Merupakan sebuah Gampong yang terletak di Mukim Lamjampok, kecamatan ingin jaya, kabupaten Aceh Besar, provinsi Aceh. Sekitar 15 menit perjalanan dari pusat ibukota Banda Aceh, tidak jauh dari bandara SIM, Blangbintang.

20 tahun yang lalu saya dilahirkan di Gampong Lamdaya. Senang rasanya tahun ini bisa berpuasa dan lebaran di kampong halaman. Walaupun hanya seminggu di kampong halaman minimal sudah menghilangkan meusyen saya terhadap kampong halaman setelah sekian lama belum bisa saweu gampong. Saat ini saya bekerja di PLTD Kuning Kutacane, Aceh Tenggara. Bekerja dengan ikatan dinas, tentu tidak bisa sesuka hati dapat pulang balik kampong halaman. Apalagi pekerjaan yang menyangkut pelayanan untuk kenyamanan masyarakat sekeliling, untuk mudik ke kampong halaman mesti ada yang handle pekerjaan dengan baik.

Alhamdulillah, Moment yang tidak saya dapatkan pada ramadhan dan lebaran tahun lalu bisa terobati ramadhan dan lebaran tahun ini. Kenduri si kameng khatam Al-qur’an salah satunya yang diadakan di gampong halaman saya usai khatam 30 juz pada malam 26 Ramadhan. Dapat berkumpul dan bersilaturahmi kembali dengan teman-teman kampong merupakan moment langka untuk pekerjaan saya saat ini, begitu juga dengan sahur dan berbuka bersama keluarga yang tidak saya dapatkan pada tahun lalu, syukur dan senang rasanya bisa kembali mengulangi moment ini di kampong halaman.

Gampong Lamdaya ini cukup unik menurut saya. Bagaimana tidak, sebelah selatan gampong lamdaya ini terhubung langsung dengan krung Aceh (sungai Aceh). Sungai tersebut biasanya menjadi tempat pemuda lamdaya untuk menyalurkan hobinya memancing. Sungai ini dulunya kecil dan dangka, dulu dimanfaatkan oleh ibu-ibu untuk mencuci pakainan, mandi dll. Namun, semua itu berubah ketika sungai tersebut dari hari ke hari mulai dangkal oleh erosi, suangai ini kadang meluap ketika terjadi hujan secara terus menerus. Meluapnya sungai ini merupakan musibah tersendiri bagi pengembala yang biasanya memotong rumput di sekitar sungai tersebut dan menjadi sebuah kesenangan tersendiri bagi anak-anak yang memanfaatkannya untuk arena berenang. Anak-anak yang saya maksud termasuk diri saya dahulu J


Jika di sebelah selatan Gampong Lamdaya para pemuda atau anak kecil dapat menyalurkan hobi dengan memancing, di sebelah selatan para pemuda atau anak kecil  dapat menyalurkan hobi dengan bermain layang layangan. Musim ‘ Ketika musim tanam padi tiba, kita akan menyaksikan pemandangan indah pepadian hijau bak lautan luas yang sangat memanjakan mata. Pepadian hijau subur yang seolah menandakan bagaimana makmurnya masyarakat Gampong lamdaya.




You Might Also Like

0 komentar