Apa itu LAGENADRO ?

09:05:00

Di instagram saya @muhammdareev, setiap postingan poto saya sering memagari dengan tag LAGENADRO. Bagi saya LAGENADRO itu punya arti filosofis yang positif. Lalu apa itu LAGENADRO ?

LAGENADRO sebenarnya diambil dari bahasa Aceh, LAGE artinya Seperti dan DRO artinya diri sendiri. Jadi, LAGENADRO kalau diartikan secara bebas dari bahasa Aceh ke bahasa Indonesia yaitu Seperti diri sendiri. Selain dari itu sebenarnya LAGENADRO mempunyai arti yang lebih luas. LAGENADRO bermaksud untuk menjadi diri sendiri seutuhnya, percaya diri, tidak ada pencitraan dan selalu berprasangka baik terhadap diri sendiri.

Di zaman yang modern ini banyak anak muda yang krisis kepercayaan terhadap diri sendiri. Dalam bertingkah, bergaya, dan bertutur kata banyak para pemuda dapat dikatakan krisis kepercayaan terhadap diri sendiri. Kenapa tidak menjadi diri sendiri saja, cinta terhadap diri sendiri. Cobalah untuk menjadi contoh jangan hanya selalu mencontoh.

Contoh hal kecil yang bisa saya katakan ketika seorang anak berasal dari lingkungan keluarga yang kurang mampu. Namun, karena pergaulannya dengan lingkungan teman-teman yang berasal dari lingkungan berada (Mampu) sehingga memaksa dirinya untuk mensejajarkan diri dengan teman-temannya yang lain . Dengan demikian, tentu saja penampilannya dan gaya hidupnya selalu memaksanya untuk mengikuti teman-temannya yang berasal dari keluarga mampu.Padahal menjadi diri sendiri dengan apa adanya itu lebih menyenangkan. Menurut saya itu merupakan salah satu seseorang yang krisis kepercayaan terhadap diri sendiri, tidak berpenampilan LAGENADRO.

Contoh lain yang dapat saya tulis yaitu seorang karyawan dengan bos. Bagi karyawan tentu saja di depan bos harus bekerja dengan sigap, cepat, dan baik. Nah, ketika pekerjaan yang diemban oleh seorang karyawan terlalu berat, si karyawan segan untuk memberitahu kepada bos bahwa dia tidak sanggup mengerjakannya. Anggaplah seorang karyawan bekerja di bidang pembuatan kue. Suatu hari si bos menyuruh si karyawan untuk membuatkan sebuah kue yang berbeda dari sebelumnya. Si karyawan tanpa pikir panjang langsung mengiyakan apa yang disuruh oleh bos. Dengan tanpa ilmu, si karyawan langsung membuat kue dengan campuran macam alat. Si karyawan ingin tanpil sempurna di depan bos. Alhasil, kue yang diharapkan tidak jadi dan si bos pun marah. Bersikap LAGENADRO itu berarti  bersikap apa adanya tanpa takut terhadap hinaan, cacian, makian.  Jika tidak sanggup melakukan sesuatu katakan tidak, jangan memaksakan diri sendiri terhadap sesuatu yang kita sendiri tidak sanggup mengembannya. Bukan berarti harus langsung mengatakan tidak pada sesuatu yang baru,  seyogyanya harus ada pertimbangan batas kemampuan diri, dan semangat untuk terus melakukan pengembangan diri harus ada juga. 

Hidup LAGENADRO itu hidup yang tidak lagi fokus terhadap menyenangkan semua orang. Lakukan apa saja yang kamu anggap itu baik atau positif, berhenti berharap semua orang akan menyukai apa yang kamu lakukan karena itu tidak akan pernah mungkin. Hidupmu adalah jalan ceritamu, aturanmu. Hidup LAGENADRO itu hidup yang tidak lagi pusing dengan hinaan dan pujian. Hinaan dan pujian itu selalu ada tapi bukan untuk dipikirkan, apalagi dibawa pusing. Hidup LAGENADRO itu hidup yang siap menerima semua kritikan atau masukan. Kritikan atau masukan bisa jadi menjatuhkan bisa jadi bernilai kebaikan. Nah, hidup LAGENADRO itu mampu menyaring yang mana kritikan atau masukan yang menjatuhkan dan yang bernilai kebaikan, yang menjatuhkan dapat masuk dari telinga yang kanan tapi harus dikeluarkan dari telinga yang kiri  dan yang bernilai kebaikan dapat masuk melalui telinga kanan dan dimasukkan ke dalam otak untuk diaplikasikan dalam kehidupan.

Prinsip LAGENADRO ini yang sedang saya tanamkan dalam diri sendiri.

Salam LAGENADRO !!




You Might Also Like

0 komentar