Apalah arti sebuah nama ?

20:52:00


Oleh : Muhammad Areev

Panggilan-panggilan tertentu kepada seseorang  yang bukan nama aslinya  sudah sering kudengar dari mulut orang-orang. Entah apa yang membuat mereka begitu mudahnya mengubah atau memberikan julukan kepada orang lain. Mungkin memang punya bakat sejak lahir dalam urusan memberikan julukan kepada nama orang lain yang telah dinamakan oleh orangtuanya atau mungkin memang warisan karakter dari orangtuanya  atau nenek moyangnya sehingga dengan begitu mudah memberikam gelar kepada orang lain sesukanya.

Bagi sebagian orang memang tidak mempermasalahkan tentang hal ini, tidak memperdulikan apa yang orang panggil untuknya dan apa makna panggilan tersebut, baginya “ Apalah arti sebuah nama ?”. Tapi tidak bagiku, nama begitu penting bagiku. Orangtua sampai menyembelih lembu atau kambing hanya untuk memberikan sebuah nama kepada anaknya. Perasaan tidak senang  tentu pasti ada ketika seseorang memanggilku dengan yang bukan namaku.

Berawal dari pernyataan singkat seorang sastrawan Inggris William Shakespeare “What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.”  (Apalah arti sebuah nama? Andaikata kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi).

Shakespeare memang tidak keliru. Ia membuat perumpamaan sangat cerdas dengan menyatakan sekuntum mawar akan tetap berbau harum meskipun memakai nama lain.
Shakespeare memang tidak sedang mempersoalkan arti sebuah nama. Ia sedang mengajak pembacanya merenungkan esensi, keaslian, atau hakikat sebuah materi, apapun namanya. Pernyataan Shakespeare membuat sebagian orang jadi tidak mempermsalahkan nama dirinya ataupun orang lain. Terserah orang lain mau panggil apa terhadapnya dan terserahnya juga mau panggil apa terhadap orang lain karena baginya nama tidak penting.

Coba bayangkan, seandainya sebuah kaleng biskuit coklat diberi tempelan nama “kotoran ayam” sebagai mereknya, Tentu biskuit coklat itu akan ditolak ramai-ramai oleh calon pembeli. Akan banyak protes kepada pabrik pembuatnya. Disini begitu berperannya sebuah nama.

Selain itu dari pandangan religi, mengutip perkataan seorang yang tidak pernah berdusta yang perkataanya menjadi pedoman bagi tiap muslim bahkan non muslim. Apa katanya ? “ Tiap-tiap perkataan adalah do’a”. Dari perkataannya tersebut  nama yang baik sangatlah penting karena akan membawa kepada do’a yang baik dan do'a yang baik akan membawa kepada kepribadian yang baik pula

Selain itu seberapa penting lagi sih nama ?

ketika hendak berkenalan, yang pertama kali disampaikan adalah nama.

ketika bertemu orang lain, yang pertama kali ditanyakan adalah nama.

ketika membutuhkan bantuan orang lain, maka akan memanggil namanya.

ketika pergi ke suatu resepsi pernikahan, akan menuliskan nama pada buku tamu bukan 
menempelkan foto di situ.

ketika mendapatkan suatu penghargaan, maka yang tercantum adalah nama.
ketika melakukan tindakan yang baik, maka nama yang akan diingat bukan wajah atau rumah atau yang lainnya.

ketika melakukan suatu tindak kejahatan, maka nama juga yang tercemar.

Apapun yang terjadi di dunia ini, selalu berkaitan dengan nama.
Nama juga memiliki keunikan tersendiri, tidak ada orang yang memiliki nama yang persis. 

Nama juga bisa menjadi ciri seseorang karna semua orang memiliki nama yang berbeda-beda. 

Jadi jangan mudah sekali menghancurkan nama  seseorang dengan memberikan julukan-julukan tertentu kepadanya. Panggillah orang sesuai dengan namanya
"The name are very important and valuable"

You Might Also Like

6 komentar

  1. tapi terkadang ada juga orang yang lebih senang dipanggil dengan nama julukannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kembali kepribadi kita, apakah senang diberikan nama julukan. Kalau saya pribadi tidak masalah diberikan nama julukan asalkan nama julukan tersebut lebih baik dari nama saya

      Delete
  2. ia emamng betul kadang ada juga yang suka dengan nama juluknnya, katanya sih lebih gaul..
    tapi kan nama asli itu lebih berkah

    ReplyDelete
  3. betul banget, sebetulnya lebih berkah menggunakan nama asli loh gan..

    kunjungi juga ya http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete