Ternyata "Ngeblog" Banyak Manfaatnya

19:02:00

Assalamu’alaikum
Banyak orang yang bertanya-tanya, “untuk apa sih ngeblog, apa manfaatnya?” oleh sebab itu saya sebagai orang yang telah  menjadi bagian dari blogger mencoba menjawabnya dari tulisan yang akan saya tulis ini. 






Sebenarnya ngeblog sangatlah banyak manfaatnya, selain bermanfaat untuk orang lain juga memberi bermanfaat bagi diri sendiri. “Sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi manusia yang lain “ kata Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari ngeblog :

Menambah wawasan




Tak dapat dipungkiri orang yang ngeblog pasti memiliki wawasan yang luas. Betapa tidak karena orang yang ngeblog pasti sering membaca untuk mencari informasi yang akan dipublikasikannya. Misalnya kita ingin menulis tentang “indonesia” pasti yang kita lakukan pertama adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang indonesia untuk kita tulis. Tanpa kita sadari kita telah banyak mengetahui tentang “indonesia” dan membuat kita bertambah wawasan.

Sharing Ilmu 





Seperti kata Nabi yang saya tulis di atas “Sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi manusia yang lain” dengan ngeblog kita bisa menjadi sebaik-baiknya manusia karena kita telah sharing ilmu kepada orang lain yang bisa bermanfaat baginya.Ilmu yang bermanfaat itu juga bisa menjadi suatu amalan yang tidak akan putus walaupun kita telah mati.

Mendatangkan Rupiah





Bukan saja menambah wawasan dan juga sharing ilmu tetapi dengan ngeblog kita juga bisa mendatangkan Rupiah. Memang bukan pendapatan utam. Namun paling tidak bisa menambah uang saku kita kalau kita anak sekolah atau kuliah. Untuk mendatangkan Rupiah dari ngeblog, ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Seperti menyediakan space kosong untuk iklan, baik iklan lokal seperti kumpulblogger.com, kliksaya.com dll ataupun iklan internasional seperti  adsense, adbrite, bidvertizer. Yang pasti syaratnya blog kita harus banyak pengunjungnya.

Menyampaikan Aspirasi atau ide





Melalui Blog kita dapat menyampaikan keinginan terhadap suatu hal. Misalnya kita ingin mengkritik kinerja pemeritah kita dapat menulis di blog yang bisa saja dilihat oleh jutaan orang baik lokal maupun internasional. Ataupun ide-ide kita dapat menyampaikannya dengan mudah di blog. Bayangkan kalau kita ingin menyampaikan aspirasi atau ide-ide di koran-koran atau majalah-majalah pasti sangatlah sulit, bukan....?

Melatih menulis dan berpikir yang Baik





Secara tidak sadar dengan kita ngeblog kita telah melatih diri kita untuk menulis dan berpikir yang baik, yang mudah dipahami oleh orang lain. Kalau kita menulis sesuatu yang tidak sesuai atau baik pasti orang lain tidak tertarik membaca tulisan yang kita tulis dan bisa jadi yang kita tulis tidak bisa dipahami oleh orang lain.

Menambah kosa kata bahasa Indonesia

Saya sebagai orang Indonesia mengakui banyak kosa kata bahasa indonesia yang tidak saya ketahui. Dalam mempublikasikan suatu Artikel, Seperti yang telah saya sebut di atas kita dituntut untuk sering membaca dan mencari informasi yang akan kita publikasikan. Dengan demikian kita kosa kata kata bahasa indonesia kita semakin bertambah.

Itulah beberapan manfaat dari ngeblog yang saya ketahui, namun saya yakin masih banyak manfaat lain lagi yang tidak saya ketahui. Jadi bagi teman-teman yang sudah tahu manfaat dari ngeblog “yuuk kita ngeblog” dan bagi blogger-blogeer yang sudah lama berkecimpung di dunia blogging namun berhenti ditengah jalan karena merasa belum mendapatkan manfaat apapun dari blogging “yuuk lanjutkan hobymu ngeblog”



You Might Also Like

4 komentar