Butiran debu

06:03:00

Luas permukaan bumi itu sekitar 510 jt km2, dan 70% dintaranya terdiri dari lautan. Sedangkan luas permukaan indonesia itu sekitar 1,9 jt km2 artinya luas permukaan bumi itu sama dengan 268,5x luas indonesia. Sangat-sangat luas tentunya. Keberadaan kita di bumi di sistem planet (tata surya) yang terdiri dari matahari dan semua objek yang mengorbit di sekitarnya, seperti planet-planet, bulan-bulan, asteroid, komet, meteoroid, dan benda-benda kecil lainnya.

Objek paling besar di Tata Surya kita tentu saja Matahari.yang besar volumenya sekitar 1,3 juta kali volume Bumi. Cara menvisualisasikannya, jika Matahari kita isi dengan bola-bola seukuran Bumi, maka Matahari bisa menampung lebih dari 1 juta bola Bumi. Disini dapat dibayangkan betapa kecilnya bumi ini.

Jika kita coba menghitung lagi Luas permukaan Tata Surya (menggunakan radius orbit Neptunus sebagai batas) adalah sekitar 41,7 juta kali lebih besar daripada luas permukaan Matahari. Ini memberikan gambaran yang sangat besar tentang skala Tata Surya dibandingkan dengan Matahari. klau mau membandingkan dengan bumi tinggal dikalikan saja 41,7 jt dikali 1,3 kali itu sekitar 54,21 triliun kali luas bumi. Disini bumi benar-benar kecil bagaikan butiran debu.

Di alam semesta ini diperkirakan memiliki miliaran hingga triliunan Galaksi. Tata surya kita berada di galaksi bima sakti yang terdiri sekitar 100 hingga 400 miliar bintang . luas permukaan Bima Sakti diperkirakan sekitar 1,16 triliun triliun kali lebih besar daripada luas permukaan Tata Surya. Jangan tanyakan perbandinganya dengan bumi ini, sudah tak tau penyebutnnya. Dan itu baru 1 Galaksi diantara triliunan galaksi lain yang ada di alam semesta. Bumi ini hanya satu tetesan diantara lautan alam semesta, sangat kecil sekali. apalagi manusia di dalamnya.

Fakta lain lagi tentang astronomi, ketika kita melihat bintang-bintang sebagai titik cahaya di langit itu butuh waktu yang lama untuk sampai ke Bumi. Beberapa bintang yang kita lihat mungkin sudah hancur atau berubah keadaannya saat cahaya yang mereka pancarkan sampai ke kita. ini karena jaraknya yang sangat jauh.Matahari yang kita lihat saja di langit pada siang hari, kita melihatnya seperti Matahari pada sekitar 8 menit 20 detik yang lalu, karena jarak tempuh cahayanya sekitar 149,6 juta km.

Terus membumi (rendah hati), karena tempat kita memang di bumi. jangan terlalu merasa diri penting, kamu itu 1 butiran debu diantara lautan pasir

 

You Might Also Like

0 komentar