FARDHU/RUKUN WUDHU'

09:23:00

Assalamu’alaikum wr wb

Alhamdulillah pada saat yang berbahagia ini kita masih diberikan umur panjang oleh Allah, tiada lain tiada bukan yaitu untuk beribadah kepadaNya. Shalawat dan salam marilah kita kirimkan kepada penghulu kita nabi Muhammad SAW.

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat islam yaitu beribadah kepada Allah, salah satu perintah Allah yang diwajibkan kepada kita Adalah Shalat sehari semalam 5 waktu 17 rakaat.
Sungguh sangat disayangkan dari kita bangsa Indonesia sebagai negara mayoritas muslim di dunia, tetapi dari kelakuan banyak yang tidak mencerminkan sebagai seorang muslim, hanya sebagian saja yang menjalankan perintah Allah, seperti Shalat. Yang sangat disayangkan lagi mereka yang beribadah kepada Allah,  tetapi hanya mengikut-mengikut orang lain saja, padahal amal tanpa ilmu tidak akan diterima oleh Allah

Seperti shalat banyak orang yang mengerjakan shalat, mereka hanya mengikut-ikut orang lain saja. Mereka tidak tahu fardhu-fardhu shalat. Ketika seseorang hendak mengerjakan Shalat, tentu yang pertama harus dilakukan adalah berwudhu’, wudhu’ merupakan salah satu syarat shalat. Banyak orang mengerjakan wudhu’ hanya sekadar ikut-ikutan mereka tidak tau yang mana fardhu-fardhu wudhu’, padahal kalau wudhu’ tidak sah, sudah pasti shalatnya juga tidak sah karena wudhu’ adalah syarat shalat. Jadi jangan menganggap enteng terhadap sesuatu yang biasa, seperti kata guru saya “biasakan yang benar, jangan membenarkan yang biasa”. Itulah pentingya ilmu agama, seseorang akan terangkat derajatnya di sisi Allah dan Manusia kalau dia mempunyai ilmu agama.

 berikut adalah fardhu-fardhu dalam  berwudhu’ yang wajib kita ketahui untuk sahnya wudhu’ kita,     
 yaitu ada 6 :

1) NIAT, niat adalah merencanakan sesuatu di dalam hati disertai dengan perbuatan. Berikut lafadz
    niat wudhu’  
نويت الوضوء لرفع الحدث الأصغر فرضا لله تعالى
Nawaitul wudhuu-a liraf’il hadatsil asghari fardhan lillaahi ta’la
 Artinya: ”Saya berniat wudhu’untuk membersihkan dari hadas kecil sebagai kewajib karena perintahan Allah Yang Maha Tinggi”
      
          Lafadz niat ini diniatkan pas ketika membasuh seawal-awal daripada bagian muka.

2) MEMBASUH MUKA

3) MEMBASUH DUA TANGAN HINGGA DUA SIKU

4) MENYAPU SEBAGIAN DARIPADA KEPALA, yaitu rambut

5) MEMBASUH DUA KAKI HINGGA DUA MATA KAKI


6) TERTIB, yaitu berurutan seperti yang disebutkan di atas

WASSALAM

You Might Also Like

0 komentar