Muslim beneran atau Muslim karena Nenek Muslim

02:05:00


Oleh : Muhammad Areev

Pernah perhatikan pohon kelapa yang tumbuh dengan sendirinya dengan pohon kelapa yang tumbuh karena ditanam  ? pasti pohon kelapa yang tumbuh dengan sendirinya lebih mudah jatuhnya kalau ditiup oleh Angin dibandingkan dengan pohon kelapa yang tumbuh karena ditanam. Kenapa ? karena pohon kelapa yang tumbuh dengan sendirinya akarnya tidak terlalu dalam sehingga kalau ditiup oleh angin rawan terjatuh. Berbeda dengan pohon yang tumbuh karena ditanam dia tidak mudah terjatuh karena akarnya sudah begitu dalam dan menjalar-jalar ke dalam tanah sehingga tidak mudah jatuh apabila terjadi tiupan angin.

Begitulah ibarat orang-orang islam karena dari nenek sudah beragama islam sepeti pohon kelapa yang tumbuh dengan sendirinya. Kalau bicara islam karena nenek, memang kita semua sudah menganut agama islam karena nenek juga beragama islam tetapi yang saya maksud disini oran islam karena nenek yaitu orang islam yang hanya beridentitas islam tetapi dalam prakteknya tidak seperti orang islam.

Lihat saja ketika ada ajaran-ajaran sesat banyak orang-orang islam karena nenek ini termakan dengan ajaran tersebut, aqidah mereka bisa dibeli, aqidah mereka bisa dihargakan dengan uang. Begitu murah harga aqidah mereka.

Banyak kita perhatikan orang-orang non muslim menjadi muslim setelah mempelajari islam dan yang kebanyakan menjadi islam tersebut bukan orang-orang bodoh tapi para ilmuwan-lmuwan terkenal, pendeta –pendeta mereka semua menjadi islam bukan karena paksaan tetapi mereka menjadi islam karena mereka mempelajari islam setelah mereka mempelajari islam mereka mendapatkan ilmu tentang islam dan akhirnya mereka mendapatkan hidayah dari Allah dan menjadi muallaf. Orang seperti ini kita ibaratkan seperti pohon kelapa yang tumbuh karena ditanam, mereka kenal islam bukan karena ikut-ikutan tetapi karena ilmu ini yang harus kita tanamkan dalam diri kita, mempraktekkan ajaran-ajaran islam bukan karena ikut-ikutan tetapi karena ada ilmu.

Yang kita khawatirkan banyak orang-orang islam meninggalkan islam karena mereka menjauhi islam, mereka mulai mengabaikan islam, menjauhi pengajian-pengajian. Tentu semua kita tidak menginginkan hal demikian kita ingin menjadi orang islam yang benar-benar islam. Caranya, kita harus mempelajari islam. Dimana kita bisa mempelajari islam ? Dimana saja kita bisa mempelajari islam, sekarang pintu-pintu dayah masih terbuka 24 jam, pesntren-pesantren dimana-mana, Ayo ! sama-sama kita mempelajari islam. Kita semua ingin menjadi orang islam yang betul-betul islam bukan saja menjadi islam karena nenek.

You Might Also Like

0 komentar