Kenali Mindset Anda

10:21:00


Oleh : Muhammad Areev

Dalam buku karangan Carol S. Dweck yang berjudul “Change Your Mindset, Change Your Life” saya seperti berada di depan cermin sedang memperhatikan jenis mindset apa yang terdapat dalam diri ini. Dalam buku tersebut carol menjelaskan ada 2 jenis mindset pada setiap manusia, mindset tetap dan mindset berkembang. Setelah membaca buku tersebut anda pasti akan menemukan jenis mindset apa yang ada pada diri anda, buku tersebut dapat anda download di link di bawah nanti yang akan saya bagikan secara cuma-cuma. Disini saya akan menjelaskan sedikit antara kedua jenis mindset ini, untuk lebih jelas dan lengkapnya anda dapat membaca di buku yang akan saya bagikan link downloadnya.

Mereka yang memiliki mindset tetap meyakini bahwa kecerdasan itu adalah sesuatu yang memang bawaan sejak lahir. Kenapa ada orang pintar dan orang bodoh itu karena masing-masing bawaan sejak lahir tidak ada yang dapat dirubah, begitulah cara pandang mereka yang bermindset tetap sedangkan mereka yang bermidset berkembang memiliki keyakinan yang berbeda dengan yang bermindset tetap. Kenapa ada orang pintar dan orang bodoh itu karena usaha mereka masing-masing, dalam pandangan mereka yang bermindset berkembang.

“Suatu hari anda memasuki kelas yang benar-benar penting bagi anda, anda sangat menyukai kelas ini. Sang guru kelas mengembalikan makalah tengah semester kepada mahasiswa. Anda mendapat nilai C+. Anda sangat kecewa. Sore harinya dalam perjalanan pulang ke rumah, anda mendapati bahwa anda terkena tilang karena pelanggan parkir.Lantaran benar-benar frustasi anda menelepon teman terbaik anda untuk membagi pengalaman buruk ini, tetapi ia menolak”

Apa yang anda rasakan ? 
Apa yang anda pikirkan ? 
Apa yang akan anda lakukan ?

Ketika Carol menanyakan hal ini kepada orang yang bermindset tetap, inilah jawaban yang mereka berikan : “aku merasa seperti orang tolol, aku merasa seperti orang yang tidak berguna dan tolol setiap orang lebih baik daripadaku, aku adalah kotoran”

Sebaliknya ketika Carol menannyakan hal ini kepada orang yang bermindset berkembang mereka akan menjawab : “anda tahu, ini hanya ujian tengah semester bukan ujian akhir, ini hanya surat tilang mobil bukan kecelakaan mobil, tidak ada kejadian yang mengerikan yang tidak dapat diperbaiki”

Pertanyaan Carol di atas anda juga dapat menjawabnya, jika anda orang yang bermindet tetap jawaban anda pasti tidak jauh berbeda dengan jawaban di atas begitu juga jka anda yang bermindset berkembang jawaban anda pasti anda akan memandang permasalahan tersebut dengan pandangan yang positif.

Mindset manakah yang anda miliki, coba anda jawab pertanyaan kecerdasan dibawah ini secara perlahan-lahan, bacalah setiap pertanyaan kemudian putuskannlah, anda setuju dengannya atau tidak.

1. Kecerdasan anda merupakan hal yang mendasar pada diri anda, anda tidak dapat berbuat banyak untuk mengubahnya

2. Anda dapat mempelajari hal-hal baru tetapi anda benar-benar tidak dapat mengubah kecerdasan anda

3. Tidak masalah dengan seberapa kecerdasan yang anda miliki, anda dapat selalu mengubahnya walaupun sedikit

4. Secara substansial anda selalu dapat mengubah kecerdasan anda

Pernyatann 1 dan 2 adalah peryataan untuk orang-orang yang bermindset tetap. Peryataan 3 dan 4 adalah mereka yang bermindset berkembang. Mindset yang manakah yang lebih anda sepakati ? Bisa jadi anda memiliki perpaduan diantara keduanya tetapi sebagian besar cenderung kepada salah satu diantara dua jenis mindset tersebut.

Selain peryataan tentang kecerdasan di atas, perhatikanlah pernyataan tentang kepribadian dan karakter di bawah ini serta putuskannlah apakah anda setuju atau sebaliknya

1. Anda adalah jenis kepribadian tertentu, dan tidak banyak yang dapat dilakukan untuk mengubahnya

2. Tak masalah dengan apapun jenis kebribadian anda, secara substansial anda benar-benar dapat mengubanhya

3. Anda dapat melakukan segala hal secara berbeda, tetapi bagian penting tentang siapa diri anda benar-benar tidak dapat dirubah.

4. Anda selalu dapat mengubah hal-hal mendasar berkaitan dengan diri anda

Disini, pernyataan 1 dan 3 adalah peryataan dari mindset-mindset tetap sedangkan 2 dan 4 peryataan untuk mindset tetap. Disini manakah yang anda sepakati ?

Kalau saya boleh menilai diri sendiri, kadang mindset saya berubah-berubah antara tetap dan berkembang. Tetapi dengan kembali mengingat tentang tulisan-tulisan Carol dalam bukunya yang diceritakan tentang kisah orang-orang sukses yang berhasil merubah mindset tetap menjadi berkembang rasanya seperti dapat motivasi baru untuk terus mengubah cara bermindset tetap menjadi berkembang.Saya kadang mengajari matematika dasar tentang perkalian, pembagian, pertambahan, pengurangan kepada adik saya di rumah. Ketika dia telah menguasai konsep pertambahan, saya mencoba untuk mengajarinya lagi tentang konsep pengurangan disinilah keliahatan mindsetnya, kalau seorang anak yang bermindset tetap tentu semangatnya dalam belajar akan menurun karena memasuki pembelajaran baru yang lebih sulit tetapi kalau anak yang bermindset berkembang dia akan semakin tertantang ketika memasuk materi yang lebih sulit. Disini keliatan dia kurang semangatnya, dia malah minta untuk tetap kepada pembahasan pertambahan. Bukan hal mudah untuk membujuknya mempelajari hal-hal yang baru. Saya pikir kalau para orangtua dan guru dapat mengubah mindset anaknya yang kebanyakan bermindset tetap ke mindset yang berkembang, mereka pasti akan menjadi anak-anak emas di masa mendatang

Berikut link download buku Change Your Mindset, Change Your Life klik DISINI

You Might Also Like

0 komentar