Sepakbola Kebanyakan Teknologi jadi kurang Manusiawi

10:32:00


Melihat pertandingan swedia vs korea selatan semalam cukup menarik sebenarnya. Jual beli serangan antara korea selatan dan swedia kerap dipertontonkan. korea selatan terlihat bermain sangat hati hati dengan operan2 pendek, sesekali juga menusuk lewat sayap kanan mereka. Saya sendiri pada pertandingan tersebut mendukung Korea selatan. Yang menarik di skuad korea selatan terdapat Hwang hee chan, pemain ini pernah memperkuat korsel u19 yang pernah dikalahkan evan dimas dkk 3-2 di gbk pada pertandingan kualifikasi piala asia u19 2014 silam. Meskipun akhirnya korea selatan harus mengakui keunggulan swedia 1- 0 lewat gol yang dicetak melalui sepakan penalti. Gol yang satu satunya pada laga tersebut sekaligus menentukan kemenangan swedia atas korea selatan.

Sebelum penalti diberikan kepada swedia, wasit tetap melanjutkan permainan karena menganggap tekel yang dilakukan pemain korea selatan bersih alias mengenai bola. Ketika bola keluar lapangan wasit meberikan isyarat gerakan tangan membentuk kotak yang mengindikasikan sebuah tv (VAR). Kehadiran VAR (video Asistant Referee) menuai banyak kontroversi. Sebagian yang mendukung penerapan teknologi tersebut beranggapan dengan kehadiran VAR pertandingan dapat berjalan dengan adil, tidak terjadi lagi kesalahan wasit dalam mengambil keputusan.

Namun tidak sedikit juga yang menentang kehadiran VAR, termasuk saya. Kehadiran VAR membuat pertandingan seru dan sengit menjadi kurang menarik. Pertandingan korsel vs sweden semalam contohnya. Wasit mengubah keputusannya setelah melihat VAR. ibarat orang yang sudah meludah kembali menjilat ludahnya. Kehadiran VAR juga membuat pertandingan seperti tidak manusiawi lagi. Biar bagaimanapun juga sepakbola adalah permainan manusia terlalu banyak teknologi jadi kurang manusiawi. Bisa saja wasit sepakbola nantinya terlalu manja dengan VAR sehingga sedikit-sediki cek VAR, cek VAR. Jika sudah begitu, waduh betapa membosankan pertandingan sepakbola ?


You Might Also Like

0 komentar